Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/fmufeb/public_html/templates/ot_spasalon/lib/layout/tpl.function.php on line 56

Strict Standards: Only variables should be assigned by reference in /home/fmufeb/public_html/templates/ot_spasalon/lib/layout/tpl.function.php on line 166
FMO 2016

FMO 2016

 

Laporan Financial Market Outlook 2016 merupakan terbitan dari Financial Market Update Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada yang secara periodik diterbitkan dengan edisi perdana pada tahun 2013 yaitu Financial Market Outlook 2013. Karya hasil kerjasama ini sebagai upaya dan wujud ikut sertanya lembaga akademisi dalam berpartisipasi menyajikan hasil-hasil analisis ekonomi dan bisnis yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan menjadi pertimbangan bagi berbagai pihak yang berkepentingan, disamping hasil-hasil analisis yang banyak diterbitkan oleh organisasi-organisasi bisnis di Indonesia maupun luar negeri. Laporan outlook ini diupayakan bisa memberi suatu sudut padang dan memberikan corak serta nuansa yang berbeda dengan menekankan pada kajian dan substansi yang mendalam dan bisa memberikan rekomendasi yang bermanfaat serta prediksi yang tepat.

 

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 di atas angka pertumbuhan ekonomi dunia, ekonomi, ekonomi negara-negara emerging dan sedang berkembang, yang didukung dengan fundamental makro yang solid diantaranya inflasi yang cenderung stabil pada level kisaran 4%-5%, konsumsi dalam negeri yang masih menunjukan pertumbuhan, kurs yang mulai menguat menuju level fundamentalnya, kebijakan yang menuju terintegrasinya pelayanan iklim investasi yang semakin baik, stabilnya sistem keuangan dan fungsi intermediasi perbankan memberikan sinyal positif akan ketahanan ekonomi domestik yang kuat dan memberi sinyal ketahanan ekonomi Indonesia yang kuat pada tahun 2016. Sinyal ini juga menunjukan bahwa kinerja dan daya tahan ekonomi Indonesia yang masih bisa mencapai di atas rata-rata di tengah tingginya ketidakpastian ekonomi global. Walaupun dalam jangka pendek belum akan berpengaruh positif secara signifikan pada pasar keuangan Indonesia namun ketahanan dan prospek ekonomi di Indonesia akan turut mempengaruhi secara positif pasar keuangan Indonesia.

 

Pemerintah mengeluarkan serangkaian paket-paket kebijakan untuk menjaga kestabilan dan memberikan insentif pada dunia usaha setelah terjadinya penurunan kinerja ekonomi pada kuartal ketiga 2015. Dengan insentif dan kestabilan ekonomi yang ada diharapkan gairah dunia usaha akan kembali meningkat dan menunjukan kenaikan tingkat pertumbuhan ekonomi secara year-on-year. Kinerja emiten-emiten pada pasar saham diprediksi akan meningkat sejalan dengan perbaikan kondisi ekonomi dan prospek ekonomi Indonesia kedepan serta insentif yang diberikan mengenai investasi, hal ini akan mendorong kinerja keseluruhan bursa saham domestik pada tahun 2016. Membaiknya kinerja AS sebagai salah satu tujuan ekspor dan Tiongkok yang baru mulai memasuki masa recovery akan semakin menguatkan kinerja ekonomi Indonesia pada 2016. Membaiknya posisi neraca berjalan juga semakin mendukung masuknya Inonesia ke dalam negara layak investasi, menjadikan dorongan dalam meningkatkan kinerja pasar surat berharga di Indonesia. 

 

FMO 2016 bisa diunduh di sini